Selasa, 10 Maret 2015

Tutorial Pembuatan Sertifikat Menggunakan Microsoft Publisher


Hay gaess..
Kalian tau kan apa itu sertifikat?
Sertifikat merupakan salah satu barang atau benda yang banyak dicari atau diincar oleh seseorang yang mengikuti acara-acara penting seperti workshop, seminar, ataupun acara privat lain. Mengingat di era sekarang sertifikat sangat menunjang karier seseorang, banyak orang membutuhkan dan mengejar untuk mendapatkannya. Iyakan?
Kalian tau bagaimana cara membuat sertifikat? Kali ini  saya bagi tutorial membuat sertifikat untuk kalian semua nih dengan memanfaatkan program yang tersedia di perangkat computer ataupun laptop kalian yang disediakan oleh Microsoft yaitu Microsoft Publisher! Ayok simak detailnya yaaa!!

Langkah pertama
Nyalakan dulu perangkat perang kalian. Hehe
 Laptop atau computer nya


Langkah Kedua
Buka Microsoft Excel

Langkah Ketiga
Kalian tulis apapun yang umum ada di sertifikat seperti Nama, Nomer Surat, Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat, Keterangan. (Ini Sertifikat Pelatihan, kalau kalian membuat untuk lainya. Kalian sesuaikan sendiri aja yaa)


Remember, yang kamu tulis ini jangan lupa di save. Ini sebagai kata kunci untuk Mailing Merge Field di Microsoft Publisher



               
Langkah Keempat
Setelah kalian menyimpan Excel tadi sebagai bahan mengisi data diri atau profil untuk sertifikat, next tutorial ayok buka Microsoft Publishernya J. Klik All Program-Microsoft Office-Microsoft Publisher


Langkah Kelima
Tampilan awal Microsoft Publisherseperti ini. Di tampilan itu ada beberapa pilihan item



Untuk membuat Sertikat kalian Pilih File-New-Award Sertifikat



Langkah Keenam
Di dalam Award Sertifikat itu ada template-templatenya, kalian bebas pilih yang kalian mau dan inginkan.Setelah kalian selesai memilih klik “OK” atau “Create”





Langkah Ketujuh
Setelah kalian pilih “OK” atau “Create” nanti kalian akan menjumpai menu bar seperti Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Revies, View. Di menu bar itu klik “Mailings”



Langkah Ketujuh
Menu bar Mailings dan pilih “Select Recipients” pilih “Use Existing List”. Fitur  Ini digunakan untuk menginput data yang kalian tulis di Excel tadi.


               
Kalian masih ingat kan dimana kalian tadi menyimpan folder Excel sebagai Keyword? Buka folder itu klik “Open”
Dan muncul lah menu seperti ini




Langkah Kedelapan
Ketika kalian klik “Open” akan muncul “Select Table” pilih sheet 1 selanutnya “OK”




        
Langkah Kesembilan
Setelah klik “OK” akan kembali ke menu bar “Mailings”. Lalu kalian klik “Insert Merge Field” untuk  menginput  data. Di Insert Merge Field itu akan keluar  pilihan seperti Nama, Nomer Surat, dan lain sebagainya seperti kolom-kolom yang kalian buat di Excel.
Pilih salah satu pilihan.Misal ingin menginput nama, klik saja di “Nama”. Namun,  sebelum menginput kalian taruh kursor ketempat yang anda inginkan agar peletakan nama sesuai keinginan .
Lakuan penginputan data hingga menadi sertifikat yang sempurna. Cara menginput tetap sama seperti menginput nama tadi. Apabila, sudah dirasa sempurna untu melihat hasilnya kalian klik ”Priview Result ”





Taraaaaa. . .
Sertifikat sudah finish. Namun, apabila kalian masih ingin mendesain lebih baik lagi kalian bisa mengotak-atiknya di Menu Bar “Page Desain”. Dalam page desain ini kalian bisa merubah arna ataupun font yang lebih menarik



Selamat mencoba yaa, semoga bermanfaat gaes tutorial dari aku :)
Nantikan tutorial-tutorial lainnya yaaa. Salam :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar